Senin, September 16, 2013

Apakah Belajar Bahasa Indonesia itu penting ?

Masa depan bangsa Indonesia ada di pundak generasi muda. 
Martabat bangsa Indonesia merupakan harga diri bangsa.
Martabat bahasa dan sastra Indonesia adalah harga diri bangsa.
Kedaulatan bangsa Indonesia penopang NKRI.





     Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan kita gan. Artinya kita harus mempelajari bahasa itu. Kenapa? Ya karena kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa menjaga bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia. Dalam Sumpah Pemuda juga tercantum dalam baris ketiga gan.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia

     Banyak orang yang berpendapat bahwa kita itu tidak usah memperdalam Bahasa Indonesia. Itu salah besar gan. Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk menyebarkan pengetahuan dari seseorang ke orang-orang lain. Penerima akan dapat menyerap pengetahuan yang disebarkan tersebut hanya bila menguasai bahasa yang dipergunakan dengan baik, dan demikian juga berlaku untuk pengirim.Ketidaksempurnaan pemahaman bahasa akan menyebabkan terjadinya distrosi dalam proses pemahaman terhadap pengetahuan.

Manfaat belajar Bahasa Indonesia menurut ane :

1. Bandingkan cerita dari  anak kecil dengan penulis yang sudah dalam ilmu kebahasaannya.

Contoh cerita dari anak kecil :
"Aku bangun tidur, habis itu aku mandi, terus sikat gigi, terus pake baju, habis itu makan, terus aku siap-siap kesekolah, terus aku belajar ...."
Contoh cerita dari penulis :
"Sedikit tergesa-gesa, Risky berlari melintasi halaman rumahnya. Dengan wajah terlihat gembira, sesekali anak kelas 1 SMP itu memandangi piala yang digenggamnya. Sepertinya ia sudah tidak sabar lagi menunjukkan piala itu pada ibunya dan membuktikan hobi sepakbola yang ia banggakan bisa membuahkan prestasi."

     Tuh kan beda banget -_-. Anak kecil kan belum bisa mengolah kita dengan baik. Kalau penulis sih sudah terbiasa. Coba ente pilih, mending dengerin cerita anak kecil yang gak jelas atau yang dari penulis ? Sejak SD, anak harus mulai belajar mengolah kata dengan baik gan. Kalau ente ngedengerin cerita aneh dari anak kecil, jangan marah-marah gan, kan kasian :(. Dia masih anak kecil, dimaklumi sajalah.

2. Kalau udah biasa menulis, posting blog jadi enak gan !!

      Ya sudah pasti yang terbiasa akan gampang posting, karena dia sudah terlatih gan. Dulu, pas ane mau bikin posting blog, ane bingung mau nulis apa. Ane usahain tuh nulis apa aja. Dan akhirnya, pas ane baca, buset dah bahasanya ancur gila. Ane langsung hapus tuh postingan. Gak jadi dipublikasiin.
     Jangan kayak saya gan. Makanya kita belajar bahasa Indonesia salah satunya agar memudahkan kita untuk mengarang. Buat newbie, semangat ya gan !! Terus berlatih gan !!

3. Kalau bagiin informasi jadi gampang

     Misal kita mau pidato secara langsung tanpa mengetahui maksud,tujuan pidato itu apa. Pas kita pidato pasti kan bermunculan kata "eeeee", "emmm", "ssstts" yang artinya kita lagi mikir-mikir dulu. Coba kalau kita sudah mendalami pidato, kan keren pidatonya kayak pidato Bung Tomo, lancarrr abizz.

4. Menambah wawasan

     Yang ini sih, agan pasti taulah. Mungkin saja kalau kita tidak pernah belajar bahasa Indonesia, kita tidak akan pernah tau apa yang dimaksud dengan argumentasi, eksposisi, prefiks dan sufiks, pronomina, verba, dll ( dan ane yakin agan ada yang baru denger kata itu -_-)

5. Menghindari 4L4Y
Manfaat paling penting menurut ane itu yg ini gan . Bayangin kalau kita diriungin sama anak berbahasa alay, ih gak betah.. 

6. Ikut Lomba
Lumayan kan gan, ikut lomba-lomba kebahasaan. Dapat pengalaman gan! Apalagi kalau kita jadi juara, wih jadi bangga dong...

Itulah info dari ane gan. Semoga bermanfaat :). Moto ane :

Bahasa Indonesia penghela dan pembawa pengetahuan.





0 komentar: